Canon EOS 1100D, Kamera DSLR Murah Bagi Pemula

kamera DSLR murahCanon DSLRCanon EOS 110D merupakan  kamera DSLR murah untuk pemula atau entry level dan kadang juga disebut Digital Rebel T3. Harga Kamera ini kisaran sekitar  5 jutaan plus lensa kit EF-S 18-55mm IS adalah penerus dari Canon DSLR EOS 1000D yang penjualannya sukses di masa lalu, dengan segmentasi utama adalah kalangan budget minded yang mencari kamera simpel, bagus namun terjangkau.  Canon EOS 1100D ini dihadirkan untuk menjadi competitor kamera DSLR murah lainnya seperti Nikon D3100, Pentax K-r maupun Sony A390.

Strategi yang digunakan oleh Canon cukup unik dalam melakukan segmentasi pasar pada produk kamera DSLR murah. Dahulu EOS tiga digit (350D, 400D, 450D dst) adalah kamera pemula, maka kini EOS empat digitlah yang jadi DSLR kelas entry level dari Canon yang sesungguhnya. Bila beberapa tahun yang lalu Canon DSLR EOS 1000D didesain begitu simpel dan sederhana, kini penerusnya yaitu kamera DSLR Canon EOS 1100D terdapat sejumlah peningkatan seperti resolusi sensor, jumlah titik AF, modul metering, prosesor dan yang terpenting adalah HD movie. Beberapa fitur dari kamera DSLR Canon EOS 1100D pun tampak overlap dengan 550D/600D dalam arti banyak kemiripan fitur antara kamera kelas entry level (empat digit) dengan Canon DSLR kelas tiga digit. Berikut jeroan dari kamera DSLR entry level ini :

  • sensor CMOS 12 MP
  • prosesor Digic IV
  • kemampuan merekam HD movie 720p
  • kemampuan metering dengan 63 zone (fokus, warna dan luminance)
  • memakai modul AF dengan 9 titik (satu yang ditengah cross type)
  • mencapai ISO 6400
  • kecepatan burst 3 fps
  • LCD 2,7 inci, resolusi 230 ribu piksel
  • HDMI out
  • dijual bersama lensa kit 18-55mm IS mark II. Sensor APS-C dengan crop factor 1,6x maka lensa kit ini akan memiliki focal length setara dengan 29-88mm yang sudah mencukupi untuk kebutuhan sehari-hari.

Bila diperhatikan, spek Canon EOS 1100D cukup lumayan yang notabene merupakan kamera DSLR murah bila dibandingkan dengan EOS 600D, maka perbedaannya hanya di megapiksel (12 MP vs 18 MP), resolusi HD video (720p vx 1080p) dan sedikit lebih cepat (3 fps vs 3,7 fps). Selain itu 600D punya layar LCD resolusi tinggi yang bisa dilipat dan bisa mentrigger lampu kilat eksternal secara wireless. Namun keduanya sama dalam hal desain (termasuk pentamirror dan bodi plastik), modul AF 9 titik, modul metering 63 zone (yang persis sama seperti di EOS 7D) dan ISO 6400.

Bentuk Fisik

Seperti pada umumnya kamera DSLR murah, bodi kamera DSLR Canon EOS 1100D terbuat dari plastik dan permukaan  halus tanpa tekstur. Gripnya pun akan terasa agak kecil terutama bagi orang yang bertangan agak besar, tapi mungkin akan terasa pas bila yang menggenggam adalah kaum wanita dan anak remaja.

Tipe Canon DSLR ini di desain relatif tipikal seperti EOS pemula dengan area atas terdapat tombol ON-OFF, satu roda putar untuk mengatur eksposur, satu mode dial dan satu tombol untuk menyalakan flash. Mode dial sendiri tersusun atas manual exposure seperti P, TV, AV, M dan A-DEP, serta berbagai scene mode seperti flash off, Creative Auto, Potrait, Landscape dan Movie. Kotak hijau adalah AUTO yang benar-benar otomatis termasuk pengaturan ISO dan lampu kilat. Tidak ada user preset setting di mode dial Canon EOS 1100D, mengingat kamera ini bukan ditujukan untuk kalangan pro. Flash hot shoe berada di tengah dan diapit oleh built-in flash yang sudah mendukung E TTL-II.

Walaupun Canon EOS 1100D termasuk kamera DSLR murah namun kompatibel dengan lensa Canon apapun, baik EF maupun EF-S. Tidak ada sistem pembersih debu di kamera DSLR Canon EOS 1100D, untuk membersihkan debu anda perlu masuk ke menu untuk mengangkat cermin dan membersihkan debu secara manual. Di sebelah mount lensa ada lampu anti red eye untuk mencegah mata merah akibat kena cahaya lampu kilat, dan sebuah microphone mono diatas logo EOS 1100D.

Roaming Free SimsNO MORE ROAMING FEES FOR INTERNATIONAL CALLS!
Check out the best international Sim Cards and save up to 80% on your phone calls! instantempo

Tidak seperti pesaing sesama kamera DSLR murah lainnya tombol di bagian belakang kamera DSLR Canon EOS 1100D tertata dengan cukup apik, sayangnya desain sebagian besar tombol terlalu sejajar dengan bodi membuatnya sulit ditekan.Terdapat tombol penting untuk mengakses menu cepat yaitu tombol ‘Q’ (Quick Menu) dan ada juga tombol dengan titik merah untuk Live view.  Jadi tombol panah atas juga berfungsi untuk jalan pintas mengganti ISO, tombol panah kanan untuk mengganti mode AF, tombol panah bawah untuk mengganti pilihan WB dan tombol panah kiri untuk pilihan berbagai drive mode. Suatu manfaat yang besar mengingat kamera DSLR murah ini sebenarnya ditujukan buat pemula. View finder pada kamera DSLR Canon EOS 1100D punya cakupan 95% dan pembesaran 0,8 kali, tentu saja bukan yang terbaik namun cukup terang untuk dilihat. Terdapat roda kecil pengatur diopter untuk menyesuaikan fokus view finder bagi mereka yang berkaca mata.

Penempatan baterai LP-E10 dan memory card terdapat Canon DSLR EOS 1100D di bagian bawah dengan pintu yang sama, sementara pintu samping bila dibuka akan menampakkan port untuk remote, port HDMI dan port USB namun tidak ada port untuk mic eksternal.

Performance

EOS 1100D memang termasuk kamera DSLR murah namun jangan salah dari segi kinerja sudah sangat baik. Waktu yang dibutuhkan untuk start-up, shutter lag, shot-to-shot dan mencari fokus sudah cukup cepat. Pada view finder juga bisa dilihat 9 titik AF dan akan menyala merah bila aktif. Untuk mode fokus yang disediakan sama saja seperti Canon DSLR lainnya yaitu terdapat mode ONE SHOT (benda diam), AI FOCUS dan AI SERVO yang untuk benda bergerak. Saat memakai mode AI SERVO, tombol rana harus tetap ditekan supaya kamera bisa terus mencari fokus. Kecepatan dan ketepatan AI SERVO ini cukup baik saat mencari benda bergerak dan bila memakai lensa USM pasti akan terasa lebih baik lagi ini yang membuat kamera DSLR murah ini layak dibeli bagi pemula.

Canon DSLR tipe ini tidak menyediakan fitur spot metering, karena di pilihan mode metering hanya tersedia tiga mode yaitu Evaluative, Center Weighted dan Partial. Namun jangan, khawatir kamera DSLR murah ini jangan risau, EOS 1100D menggunakan sensor CMOS 12 MP dipadu dengan prosesor Digic IV membuat Canon EOS 1100D ini punya kemampuan ISO tinggi yan mengesankan, bahkan pada ISO 6400 sekalipun noisenya masih relatif terjaga dan reproduksi warnanya pun tidak terlalu meleset. ISO 6400 adalah ISO maksimal untuk Canon DSLR EOS 1100D tidak ada pengaturan ISO expansion di Custom Function.

Performance kamera saat live-view juga sudah baik, layar menampilkan preview dengan warna akurat dan tidak kedodoran saat kamera digerakkan. Kamera DSLR murah ini tidak terkesan murahan karena Canon EOS 1100D bahkan bisa menampilkan histogram di pojok kanan atas. Mode auto fokus saat live-view dan saat merekam movie ada tiga pilihan, yaitu deteksi kontras (AF Live), deteksi wajah dan deteksi fasa dengan 9 titik AF (yang terakhir ini paling cepat mengunci fokus namun akan LCD gelap sejenak). Kamera DSLR Canon EOS 1100D perlu 2-3 detik untuk mengunci focus saat shutter ditekan setengah. Agak lama, akan semakin lama  apabila kondisi cahaya kurang atau memotret sesuatu yang minim kontras. Mode ini hanya digunakan saat memotret benda yang tidak bergerak, cukup cahaya dan cukup kontras.

Untuk ukuran kamera DSLR murah, canon EOS 1100D sudah mumpuni dalam hal Resolusi video yaitu  HD movie 1280 x 720 piksel, dengan pilihannya 30 fps atau 25 fps. Cukup dengan menekan tombol live-view saat mode dial dalam posisi Movie, maka kamera akan mulai merekam video. Tampilan di layar akan berubah menjadi format 16:9 dalam mode rekam video sesuai format HD video. Picture Style dan Auto Lighting Optimizer juga bisa diaplikasikan pada saat merekam video, meski sayangnya tidak ada pengaturan manual eksposur pada saat merekam video, bahkan ISO pun tidak bisa diganti (hanya ada kompensasi dan penguncian eksposur saja). Selain itu tidak ada continuos focus saat merekam video, kamera hanya mencari fokus sekali saat awal merekam, lalu bila ingin merubah fokus maka hanya bisa lewat manual fokus dengan memutar ring di lensa, atau menekan tombol rana (fitur ini disetting dulu di menu). Sebagai tambahan, body Canon EOS 1100D tersedia dalam 2 warna, yaitu merah dan hitam. kamera dslr murah

 

Panduan Fotografi untuk pemula daftar sekarang yuk, gratis lho www.lensafotografi.com/fotografipemula

Advertisement

No comments.

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox

Join other followers