EOS 100D Kamera DSLR Mungil untuk Pemula

kamera dslr untuk pemulaCanon rebel EOS SL1 atau 100D adalah kamera untuk pemula dengan jenis DSLR, kamera ini diklaim sebagai kamera dslr yang paling ringan dan kecil. Kamera untuk pemula ini dilengkapi dengan menggunakan sensor APS-C. Diluncurkan pada bulan Maret 2013, setelah sebelumnya Canon mengeluaran seri EOS 1100D/ rebel T3 (baca 5 kamera dslr untuk pemula) dimana EOS 100D merupakan produk untuk merespon atas makin besarnya pangsa pasar kamera mirrorles, walaupun sebenarnya Canon sendiri memliki produk mirrorless serupa yaitu EOS M.

Kamera SLR Digital Terkecil untuk Pemula

Apa yang membuat kamera dslr pemula ini terlihat lebih kecil? Ada beberapa prosedur dan system shutter yang disederhanakan, komponen sensor yang ramping begitu pula panel sinyal footprint, kamera EOS 100D Digital SLR sedikit lebih kecil dan ringan dari rekannya yang diumumkan bersamaan Rebel T5i / Canon EOS 700D, keduanya merupakan kamera DSLR terbaru dari Canon. Kedua kamera dslr untuk pemula ini menawarkan resolusi 18MP, prosesor DIGIC 5   namun yang membedakannya adalah ukuran EOS 100D lebih kecil.

EOS 100D / Rebel Digital SL1 adalah kamera DSLR untuk pemula dengan ukuran terkecil yang pernah Canon produksi. Ukurannya adalah 116,8 x 90,7 x 69.4mm dan berat hanya sekitar 407g, kamera ini posisinya di antara EOS M yang merupakan mirrorless dan EOS 700D  dalam dimensi dan biaya. Meskipun ukuran yang kecil, anda akan segera familiar dengan tata letak tombol apabila nada terbiasa menggunakan kamera-kamera dslr pemula dari canon sebelumnya.

Fitur dan Kemampuan Canon EOS 100D

Canon EOS 100D dilengkapi dengan prosesor gambar DIGIC 5 top-end  yang memiliki kecepatan burst hingga 4fps, dimana dapat memotret foto dengan  28 file  Jpg atau 7 RAW. Sistem Auto fokus berupa phase-detect bukan satu-satunya keunggulan kamera dslr untuk pemula ini, masih ada fokus otomatis untuk unit penginderaan. Disamping itu juga fitur lain berupa Canon 9-point AF Array dengan Auto Fokus tunggal titik cross-type  ditempatkan di tengah. Dalam hal metering, EOS 100D memiliki system SPC dengan 63 zona titik sama seperti kamera semi profesional Canon EOS 7D. Setiap masalah berkaitan dengan exposure dapat diatasi melalui sistem kompensasi exposure, yang dapat menaikkan  1/3 stop dan menyesuaikan lebih /-5EV.

Hampir semua control pada EOS 100D sama seperti kamera dslr untuk pemula milik Canon lainnya. Sebuah tombol depan untuk pengaturan ISO, kompensasi exposure dan  tombol AF / AE merupakan tombol kontrol yang familiar bagi setiap pengguna DSLR Canon. Teknologi touchscreen LCD pada EOS 100D identik dengan canon 650D dan 700D, bedanya adalah LCD 100D tidak bisa digerakkan.

Pada bagian belakang  DSLR untuk pemula ini terdapat LCD 3-inch, 1.040 k dot layar LCD, yang merupakan perbaikan besar pada Canon EOS 1100D. Di atas LCD tersebut, ada jendela bidik optic yang merupakan nilai jual utama sebuah kamera dslr pemula. Meskipun cakupan tidak penuh 100%, hanya sebesar 95% ini terjadi karena koreksi dioptri dan Depth of Field.  Salah satu nilai lebih dari Canon EOS 100D adalah karena kamera untuk pemula ini mengadopsi system mount Canon lensa EF-S, yang berarti dapat digunakan dengan baik pada lensa EF dan EF-S yang mungkin telah Anda miliki. Dibagian atas kamera terdapat built-in flash sekaligus hot shoe yang support speed lights Canon seri EX.

Sensor ISO EOS 100D itu sendiri memiliki rentang dari 100-12,800, extended 25.600 dalam mode ‘H’. Sensor, seperti namanya, teknologi fitur built-in fase-detect autofocus (AF) sangat mendukung continuous AF saat merekam video HD pada kisaran frame rate – termasuk 30, 25 dan 24fps serta menawarkan pilihan pada di 50fps, meskipun di bawah resolusi 1280 x 720. Bagi mereka penggemar videografi kamera ini cocok digunakan karena memiliki port mic 3.5mm pada body kamera.

Spesifikasi utama dari Canon Rebel SL1 / EOS 100D yang dapat disimpulkan antara lain:

• Ramping dan berat kamera DSLR untuk pemula ini sekitar  400g/14oz.

• Sensor APS-C dengan 18MP dan 14-bit DIGIC 5 prosesor

• Sistem Hybrid CMOS AF II dengan 80% frame coverage

• Continous autofocus  dalam mode film dengan subject tracking

• ISO 100-12800 (diupgrade ke ISO 25600)

• Continous 4fps untuk pemotretan.

• Mampu merekam video pada 1080/30p, dan terdapat sebuah mikrofon.

• Layar sentuh 3-inch  (sama dengan EOS M)

• 9 titik AF (sensor pusat cross-type)

• Ada image processing berupa ‘Filter Kreatif’, bisa difungsikan saat life view.

Untuk masalah harga, EOS 100D + lensa kit dipasaran kini dibanderol dengan harga $700

Kekurangannya

Daya tarik utama dari kamera DSLR untuk pemula yaitu ukuran yang kecil dan ringan dipandang sebagai kelemahan oleh beberapa pihak. Mengecilnya ukuran pastinya akan berpengaruh pada ergonomic kamera itu sendiri, terutama pegangannya. Cukup dengan beberapa jari berukuran rata-rata anda dapat memegang kamera ini memang umumnya hal ini ringkas namun memberikan efek juga pada ukuran tombol control yang ikut mengecil. Dalam pembelian EOS 100D umumnya dilengkapi dengan lensa kecil seperti EF 40mm pancake, tetapi tidak dapat dibandingkan  dengan beberapa lensa EF yang lebih besar dan lebih berat. Namun, setidaknya kamera dslr untuk pemula ini kompatibel dengan  berbagai macam lensa Canon EF-S dan lensa EF, tentunya anda tidak perlu pusing-pusing memikirkan jenis lensa apa yang cocok.

 

 

Panduan Fotografi untuk pemula daftar sekarang yuk, gratis lho www.lensafotografi.com/fotografipemula

Advertisement

Trackbacks/Pingbacks

  1. Kamera DSLR untuk Pemula | Kamera Populer Tahun 2013 | lensafotografi.com - December 26, 2013

    […] Canon EOS 100D adalah kamera untuk pemula dengan jenis DSLR, kamera ini diklaim sebagai kamera dslr yang paling ringan dan kecil. Kamera untuk pemula ini dilengkapi dengan menggunakan sensor APS-C. Diluncurkan pada bulan Maret 2013, setelah sebelumnya Canon mengeluaran seri EOS 1100D dimana EOS 100D merupakan produk untuk merespon atas makin besarnya pangsa pasar kamera mirrorles. […]

  2. Update Harga Kamera DSLR Canon Bulan Februari 2014 | lensafotografi.com - February 14, 2014

    […] Spesifikasi lebih lengkap di Kamera DSLR Canon EOS 100D   […]

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox

Join other followers