Filter Lensa Kamera

Filter apaan sih? Apa sama seperti filter di rokok? Apa sama seperti filter untuk menjernihkan air? Secara prinsip sama saja, sama-sama alat tambahan atau aksesoris. Tapi filter lensa kamera bukan aksesoris bukan sembarang aksesoris karena ada manfaatnya. Filter lensa kamera pada lensa kamera DSLR adalah sebuah lensa yang biasanya bulat atau kotak dan bisa dipasang di depan lensa kamera. Pada  era kamera analog/film, penggunaan filter lensa kamera sangat membantu sekali tapi di era fotografi digital peran filter lensa kamera sedikit demi sedikit tergantikan dan tidak sepenting dulu namun masih ada beberapa hal yang tidak dapat dilakukan oleh software-software editor photo.

filter lensa kamera

Close up filter

Mengapa terjadi demikian? Semua ini terkait dengan fungsi filter. Sebagian  filter lensa kamera berguna untuk menyaring warna, menambah kontras, dan membuat efek tertentu seperti melembutkan hasil foto. Sekarang, kita lebih sering menggunakan software untuk menyaring warna dengan Adobe Photoshop, light room, aperture, dan lain-lain.

Sebenarnya ada juga kegunaan filter lensa kamera yang bagus di zaman digital, yaitu untuk melindungi bagian lensa depan lensa dari goresan, benturan dan lain-lain. Harga filter lensa menentukan kualitas foto yang dihasilkan. Kualitas filter lensa kamera yang rendah dapat mengurangu kuaiitas foto seperti ketajaman dan kontras. Filter lensa kamera DSLR yang kurang berkualitas juga membuat foto yang dihasilkan berisiko terkena flare. Jadi gunakan filter lensa kamera yang berkualitas agar foto yang kita inginkan sesuai dengan harapan.

Berikut beberapa jenis filter lensa kamera yang popular  digunakan:

  1. UV/ultraviolet

Filter UV/ultraviolet berguna untuk menyaring sinar ultraviolet/keungguan. Filter lensa kamera ini banyak digunakan untuk outdoor maupun sekedar melindungi lensa.

  1. Polarizer

Filter polarizer merupakan salah satu filter favorit dikalangan fotografer, filter lensa kamera ini membuat warna biru langit menjadi lebih dalam dan kontras dan juga mengurangi pantulan cahaya pada benda-benda yang terkena sinar matahari sehingga mampu membuat permukaan air seperti kaca.

  1. Neutral density gradient

Filter Neutral density gradient berfungsi mengurangi cahaya yang masuk. Filter lensa kamera ini biasanya digunakan supaya bisa mengurangi bukaan lensa yang besar atau pengaruh shutter speed rendah di lingkungan cahaya yang terang diluar ruangan. Sangat popular untuk pemandangan seperti air terjun dan pantai.

  1. Graduated neutral Density

Filter graduated neutral density  berfungsi mengurang cahaya yang masuk tapi bergradasi sampai setengah dari lensa. Filter lensa kamera ini digunakan untuk fotografi landscape, untuk menyeimbangkan warna langit  dengan permukaan bumi. Di era digital, banyak fotografer mengambil beberapa foto dengan exposure yang berbeda dan menggabungkannya di software pengolah gambar untuk memperoleh hasil yang sama.

  1. Diffusion/soft

Filter diffusion/soft untuk memberikan efek yang lembut. Di era digital, fotografer mengandal lebih mengandalakan software ketimbang menggunakan fiter lensa ini.

  1. Color Correction

Untuk menyaring warna-warna tertentu seperti warna lampu tungsten. Filter lensa kamera jenis ini sudah jarang digunakan karena pengaturan warna foto dengan white balance, atau mengoreksinya dengan menggunakan software pengolah gambar.

  1. Close-up/makro

Filter lensa kamera ini merupakan filter favorit buat yang tidak memiliki budget lebih untuk macro fotografi. Secara prinsip filter close up mampu membuat fokus lebih dekat dengan objek. Tapi tentunya hasilnya tidak sebaik lensa khusus makro. Kualitas filter ini bervariasi tergantung harga, semakin mahal kualitas foto yang dihasilkan semakin bagus.

Sumber:

Enche Tjin, Kamera DSLR itu Mudah

Gambar

Panduan Fotografi untuk pemula daftar sekarang yuk, gratis lho www.lensafotografi.com/fotografipemula

Advertisement

Trackbacks/Pingbacks

  1. Filter Neutral Density Gradient | lensafotografi.com - October 24, 2012

    […] Sebelumnya anda sudah mempelajari filter polarizer, close-up, UV dan seberapa pentingnya filter lensa kamera tersebut. Kali ini akan dibahas filter yang bernama neutral density gradient. Filter ini berfungsi […]

  2. Filter Polarizer | lensafotografi.com - November 2, 2012

    […] seperti filter lensa kamera yang lain filter polarizer tidak dapat digantikan oleh perangkat lunak pengolah citra karena […]

  3. Melindungi Lensa Kamera | lensafotografi.com - March 3, 2013

    […] pembelian  (beli filter UV / jangan beli filter UV). Berdasarkan pengalaman pribadi bahwa filter lensa kamera UV mampu melindungi lensa kamera. Saat itu saya sedang mengutak-atik kamera dengan lensa terpasang […]

  4. Mengenal Rays Of Light (ROL) Photography | lensafotografi.com - July 5, 2014

    […] Tentunya saat anda memotret tidak hanya membawa kamera saja perlu beberapa peralatan dan aksesoris yang menunjang kegiatan fotografi. Yang paling utama adalah tripod, terutama saat penggunaan shutter speed yang lambat. Jangan lupa anda juga perlu menyiapkan shutter release baik yang kabel mapun nirkabel, keduanya memiliki keuntungan dan kerugian masing-masing. Aksesoris lainnya seperti filter, untuk macam-macamfilter coba baca disini. […]

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox

Join other followers