Membuat Foto Bokeh

Sering bila kita melihat foto-foto portrait atau model latar belakang kabur/ blur/ bokeh. Dengan blur itu membuat objek menjadi lebih menonjol, karena blur dimaksudkan untuk menghilangkan gangguan pada objek foto tersebut. Kenapa saya sebut gangguan karena bila ada objek lain yang menonjol maka akan mengurangi fokus mata pada objek utama sehingga foto lebih enak dipandang. Berikut cara membuat foto bokeh:

Membuat Foto Bokeh

Foto bokeh

1. Bukaan lensa/Aperture

Bukaan diafragma yang besar seperti f/2.8 atau lebih besar lagi seperti f/1.4 akan membuat  foto bokeh akan terlihat menarik.

2. Jarak fokus lensa

Cara membuat foto bokeh lainnya adalah bermain-main  dengan jarak fokus lensa kamera yang digunakan, semakin jauh latar belakang dari lensa kamera DSLR maka latar belakang menjadi lebih kabur. Contoh latar belakang foto yang diambil dengan focal length lensa 55mm lebih kabur dibandingkan dengan focal length lensa 18mm.

3. Rasio jarak antara objek foto dengan kamera dan jarak antara objek dengan latar belakang.

Semakin dekat jarak kamera ke objek foto dan semakin jauh jarak objek dengan latar belakang maka anda otomatis membuat foto bokeh. Bila jarak kamera ke objek foto 1 m dan jarak objek foto ke latar belakang 20 m maka bisa dipastikan latar belakang sangat blur(liat point 2)

Hal ini karena rasio/perbandingan jarak sangat besar. Sebaliknya, bila jarak kamera ke objek foto 20 m dan jarak objek foto ke latar belakang 1 cm maka bisa dipastikan latar belakang menjadi sangat jelas/tajam.

4. Ukuran sensor gambar

Semakin besar sensor kamera DSLR semakin mudah membuat foto bokeh. Sensor kamera DSLR di pasaran tidak semua full frame, yang dimaksud full frame disini ukuran sensornya sama seperti ukuran film negative kamera analog. Sensor full frame umumnya ditemukan pada kamera DSLR yang professional, untuk yang pemula dan semi pro umunya masih menggunakan sensor APS-C (crop). Kamera ponsel atau saku yang memiliki ukuran sensor yang kecil dibandingkan  dengan kamera DSLR. Sensor kamera DSLR sendiri terbagi menjadi beberapa bagian seperti Four third (rasio 4 banding 3), crop 1.6 (Canon), 1.5 (Nikon, pentax, Sony), ada juga yang full frame (Nikon, Sony) dan medium format (Phase One, Leica 52).

Kesimpulannya bila membuat foto bokeh maka gunakan bukaan yang besar, focal length yang besar, perhatikan rasio jarak objek dengan latar belakang, dan gunakan kamera Full frame.

Panduan Fotografi untuk pemula daftar sekarang yuk, gratis lho www.lensafotografi.com/fotografipemula

Advertisement

2 Responses to “Membuat Foto Bokeh”

  1. Mas Andank

    Jan 02. 2013

    hebat

    Reply to this comment

Trackbacks/Pingbacks

  1. Fotografi Pemula : Konsep Fotografi untuk Pemula | lensafotografi.com - March 22, 2013

    [...] aperture selebar mungkin sehingga tercipta DoF yang sempit seperti yang sudah dijelaskan di cara membuat foto bokeh. Isolation with blur menjadi karya fotografi unik karena fokus pada objek [...]

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox

Join other followers