Memilih Tripod yang Bagus

Tripod kamera merupakan salah satu alat peralatan pendukung fotografi  dan dapat digunakan untuk kamera video penting untuk memilih tripod yang bagus,  secara umum tripod  jenis dan modelnya sangat beragam. Dipasaran  dijual tripod dengan 2 jenis yaitu tripod kamera dengan pan-tilt head dan ball head. Pan-tilt head memiliki 2 poros yang memungkinkan kamera digerakkan atas-bawah kiri-kanan atau kombinasi keduanya sedangkan fotografer seperti Scot Kelby menyarankan tripod yang bagus yang menggunakan ball head, tripod jenis ini memiliki 1 poros yang memungkinkan kamera digerakkan ke segala arah. Berikut tips dalam memilih tripod kamera:

  1. tripod kamera

    tripod kamera bertipe ball head

    Tripod yang bagus dapat digunakan dalam jangka waktu lama, oleh sebab itu jangan terlalu pelit membeli tripod kamera karena sangat berguna sekali. Harga tidak pernah bohong, harga tripod yang murah sebagian besar berkualitas rendah sehingga cepat rusak tidak tahan air, dan tidak stabil.

  2. Mencari tripod kamera seharusnya disesuaikan dengan peralatan pendukung fotografi yang digunakan. Contoh lightweight tripod  lebih cocok digunakan pada kamera digital yang jenis saku atau handycam yang memiliki berat lebih ringan dan harga tripod ini juga murah. Tripod yang bagus untuk kamera jenis ini sebaiknya memiliki berat sekitar 1,5 kg yang membuatnya pas untuk ditenteng jalan-jalan. Apabila menggunakan kamera DSLR professional (ada perbedaan kamera DSLR yang profesional dan pemula) dengan lensa superpanjang, sebaiknya menggunakan tripod yang bahannya kokoh tapi ringan. Harga tripod untuk keperluan ini sebaiknya yang diatas 1 juta.
  3. Tripod yang bagus berbahan baik dan biasanya kokoh tapi ringan, sehingga tidak memberatkan bila dibawa atau dipindahkan. Bahan-bahan yang kokoh tapi ringan antara lain magnesium alloy dan carbon fiber.
  4. Tripod yang bagus memiliki ball head (kepala tripod) dan kaki yang terpisah, sehingga Anda bisa menukar ball head sesuai dengan kebutuhan.  Ball head adalah teknologi luar biasa karena Anda bisa dengan cepat dan dengan mudah membidik serta memposisikan kamera pada setiap sudut secara akurat. Yang paling menguntungkan adalah,  ball head bagus mengunci kamera dengan mantap sehingga badan kamera tidak mudah tergelincir atau pelan-pelan bergeser ke sisi lain. Ball head memang bagus dan  membuat harga tripod tidak murah, namun begitu Anda membelinya Anda akan langsung jatuh cinta. Harganya berkisar antara 1 jutaan hingga 5 jutaan.
  5. Tripod yang bagus memiliki quick relase plate, sehingga kita bisa melepaskan kamera dari tripod dengan mudah dan cepat.
  6. Tripod yang bagus memiliki bubble head, sehingga anda bisa mengetahui apakah posisi tripod kamera telah sejajar dengan horizon atau belum.

Sumber:

Roaming Free SimsNO MORE ROAMING FEES FOR INTERNATIONAL CALLS!
Check out the best international Sim Cards and save up to 80% on your phone calls! instantempo

Enche Tjin, Kamera DSLR itu Mudah

Scott Kelby, The Digital Photography Book

gambar

Panduan Fotografi untuk pemula daftar sekarang yuk, gratis lho www.lensafotografi.com/fotografipemula

Advertisement

5 Responses to “Memilih Tripod yang Bagus”

  1. Tiyo

    Nov 19. 2012

    Apa merk & seri yang direkomendasi utk DSLR maupun Videocam pro/semipro?

    Reply to this comment
    • aditkus

      Nov 20. 2012

      Canon 7D atau 60D
      Nikon D600
      Sony DSLR SLT –A77
      CMIIW

      Reply to this comment
      • Tiyo

        Nov 20. 2012

        Maaf maksud saya merk dan seri TRIPOD yang direkomen untuk dipasangkan dgn DSLR atau Videocam..

        Reply to this comment
        • aditkus

          Nov 20. 2012

          ooo ya maaf saya salah kira, kalau untuk info seri tripod saya kurang paham. Namun saran saya menyesuaikan dengan berat dari kamera atau video cam yang anda punya karena tripod yang bagus punya daya angkut yang beda-beda. Untuk merk bisa menggunakan manfrotto yang harga agak murah atau gitzo yang paling bagus (harga jutaan). cari yang kokoh dan menggunakan ball head agar pergerakan kamera/videocam bebas dan ini biasanya yang bagus terjual terpisah.

          Yang murah meriah bisa cari merk exel.

          Reply to this comment

Trackbacks/Pingbacks

  1. Mengenal Rays Of Light (ROL) Photography | lensafotografi.com - July 5, 2014

    […] Apabila anda terpaksa menggunakan shutter speed yang lambat maka anda membutuhkan tripod, baca : memilih tripod yang bagus. Jangan lupakan ISO, agar foto tetap tajam diusahakan agar ISO tidak lebih dari […]

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox

Join other followers