Sony Perkenalkan Lensa Kamera Khusus Smartphone

Ketika banyak produsen asesoris kamera berlomba-lomba membuat adapter untuk menyatukan lensa kamera DSLR dengan smartphone, Sony memproduksi lensa tersebut secara khusus. DSC-QX10 dan DSC-QX100 adalah lensa yang dikabarkan akan diluncurkan untuk membuat smartphone berubah menjadi kamera profesional.

Tidak bisa dipungkiri kecanggihan teknologi banyak membuka peluang untuk mewujudkan sesuatu yang dulu hampir tidak bisa dilakukan, terutama inovasi baru dalam dunia gadget dam kali ini ada produsen yang membuat lensa kamera smartphone. Contohnya, dulu mungkin kita mengira yang namanya handphone hanya untuk telepon, namun bebera pa tahun belakangan ini teknologi kamera pada ponsel khususnya smartphone, secara perlahan menggerus penjualan kamera saku digital. Karena perkembangan teknologi pada smartphone yang memungkinkan lensa kamera yang resolusinya lumayan besar, muncul genre baru di dunia fotografi yaitu mobile photography yang dilakukan dengan ponsel smartphone.

Fenomena lensa kamera smarphone dengan resolusi ciamik terus bergulir seiring dengan semakin maraknya produk smartphone yang memiliki kamera canggih seperti Nokia Lumia 1020 serta Samsung Galaxy Camera dan Galaxy S4 Zoom. Untuk smarphone jenis ini saja sudah cukup mumpuni untuk foto-foto apalagi bila memang benar ada semacam lensa kamera portable untuk smartphone layaknya mengganti lensa kamera dslr anda. Ada bayangkan saja smartphone, handphone untuk berbagai macam fungsi kini ditambah perangkat lensa tambahan, tentunya akan sangat menyenangkan.

Tidak seperti kedua produsen smartphone yang penulis sebutkan sebelumnya, Sony nampaknya memiliki ide yang lebih kreatif dalam meramaikan dunia fotografi smartphone. Seperti yang kita tahu belakangan ini jumlah pengguna smartphone dan tablet PC saat ini cukup tinggi bahkan Indonesiamenjadi pasar yang cukup menjanjikan bagi produsen smarphone manapun. Sony memilih berinovasi dengan menghadirkan sebuah konsep kamera smartphone super canggih yang langsung bisa dipasangkan dengan tablet PC atau smartphone berbasis iOS dan Android. Sekedar info saja beberapa waktu yang lalu Samsung telah meluncurkan kamera berbasis android yaitu Samsung galaxy NX, nanti kita lihat saja siapa yang lebih unggul dalam penjualan dengan adanya lensa kamera samrphone portable ini.

Beberapa pihak merasa cukup yakin Sony DSC-QX10 dan DSC-QX100 – nama lensa smartphone ini- akan dapat mendobrak batasan antara kamera di smartphone dan kamera sungguhan. Jika dilihat sekilas, produk ini seperti sebuah lensa yang dilengkapi dengan penjepit. Ternyata selain mengemas elemen optik lensa di dalamnya, dua aksesoris ini telah memiliki sensor, prosesor BIONZ, modul WiFi/NFC serta slot kartu memori. Perbedaannya Anda tidak akan menemukan layar LCD atau tombol kendali. Penggunaan kedua lensa kamera smartphone ini adalah dengan cara ditempelkan di smartphone atau tablet PC berbasis iOS dan Android.

Spesifikasinya pun tidak main-main. Untuk Sony DSC-QX10 dikabarkan akan hadir dengan spesifikasi yang setara Sony Cyber-shot WX150 yang mengemas lensa berkemampuan zoom optical 10x dan sensor CMOS 18 megapixel berukuran 1/2.3-inci. Sementara Sony DSC-QX100 akan memiliki spesifikasi yang sama dengan Sony Cyber-shot RX100 Mark II dengan sensor CMOS 20.2 Megapixel berukuran 1-inci yang notabene adalah lensa kamera kelas atas. dan Lensa zoom besutan Carl Zeiss. DSC-QX100 mempunyai fitur lensa zoom 10x dengan 1/2,3 inchi 18 megapiksel CMOS sensor. Lensa model kedua ini juga memiliki bukaan sebesar f/3,3-5,9. Lensa tersebut bisa disamakan dengan lensa sekelas Sony WX150 yang di pasaran dibanderol seharga USD400. Menggiurkan sekali kan?

Lensa kamera inovatif ini memiliki bagian hampir setengah dari kamera profesional dengan adanya sensor, prosesor, lensa zoom, WiFi, dan slot kartu memori.  Seperti dilansir dari SonyAlpha Rumors, Rabu (14/8/2013), kedua lensa keluaran Sony tersebut dapat disematkan pada ponsel pintar bersistem operasi iOS atau Android dan dioperasikan lewat layar ponsel.

Berikut daftar fitur lensa kamera ini yang bocor diinternet beberapa waktu yang lalu dari berbagai sumber, namun ini masih ilustrasi saja karena sony belum memperkenalkan secara resmi:

Roaming Free SimsNO MORE ROAMING FEES FOR INTERNATIONAL CALLS!
Check out the best international Sim Cards and save up to 80% on your phone calls! instantempo

lensa kamera smartphone

  1. Power buttton
  2. Microphone
  3. Small display panel for memory card usage and battery life
  4. Belt hook
  5. Tripod Mount
  6. Separate ring control found on the QX100
  7. Power-on light indicator
  8. Zoom toggle for focal length
  9. Dedicated shutter botton
  10. Multi-functional jack
  11. Reset button for lens camera

Menurut rumor ntuk smartphone yang akan dipasangkan lensa ini adalah Sony Xperia Honami i1 yang akan diperkenalkasn bersamaan dengan lensa Sony DSC-QX10 dan DSC-QX100. Berikut ada beberapa gambar yang beredar di internet luas.

lensa kamera smartphone

 

Sony-DSC-QX100_DSC-QX10_lens-camera-modules-for-smart-phones

 

DSC-QX100_lens-camera-modules-for-smart-phones

Kedua lensa kamera jenis ini tentunya akan merubah peta gadget para fotografer, kalau dulu mungkin kita sudah puas dengan kamera saku yang bentuknya compact sehingga bisa dibawa kemana-mana, lalu ada muncul kamera mirrorles yang digadang – gadang dapat menggantikan kamera DSLR yang bongsor dan berat. Yang jelas mobile photography tidak bisa diremehkan lagi dengan adanya lensa-lensa jenis ini. Kelebihan smartphone yang menggunakan lensa ini, mampu menghasilkan kualitas gambar yang  bagus dan konektivitas jaringan internet.

Sebenarnya produk ini masih belum diluncurkan secara resmi dan penulis biasanya juga tidak mengulas berita tentang gadget yang “bocor” di Internet. Tapi melihat dari bocoran foto yang didapat dari situs Aulpharumors, sepertinya berita ini hampir pasti benar. Dari beberapa sumber diprediksikan Sony akan mengungkap lebih detil dan lengkap mengenai kedua lensa smartphone canggih ini pada ajang IFA 2013 di Jerman yang akan berlangsung bulan September 2013 nanti. Jadi nantikan update info selanjutnya.

Panduan Fotografi untuk pemula daftar sekarang yuk, gratis lho www.lensafotografi.com/fotografipemula

Advertisement

6 Responses to “Sony Perkenalkan Lensa Kamera Khusus Smartphone”

  1. galih jati

    Aug 20. 2013

    ada kaya gini lama kelamaan kamera pocket ga laku

    Reply to this comment
  2. Fecxel

    Oct 02. 2013

    apa ini untuk semua jenis andoid?

    Reply to this comment
    • aditkus

      Oct 02. 2013

      kalau semua jenis android belum ada informasinya, untuk bisa atau tidaknya ya seperti perlu menunggu aplikasi yang tepat

      Reply to this comment
  3. yanuar

    Jan 26. 2014

    setau saya yg bisa android ice cream sandwich…Coba di tipe lain bisa ga ya?

    Reply to this comment

Trackbacks/Pingbacks

  1. Memahami Teknik Dasar Fotografi Untuk Pemula : Segitiga Exposure | lensafotografi.com - September 4, 2013

    […] of Field atau dalam bahasa Indonesia ruang tajam. Dept of field merupakan ukuran bidang fokus pada lensa kamera. Dengan bukaan aperture yang besar berarti mempersempit bidang fokus sebaliknya apabila bukaan […]

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox

Join other followers