Tips Foto Siluet

Foto siluet adalah foto dengan obyek utama gelap total dengan background yang terang, sehingga yang terlihat adalah bentuk dari obyek utama tadi. Foto siluet merupakan salah satu jenis foto yang digemari dalam dunia fotografi. Kesan yang didapat dari foto siluet tergantung dari tema yang diinginkan, ada yang foto siluet romantic, misterius dll. Kalau untuk preeweed banyak ditemukan foto-foto preweed di pinggir pantai dengan tehnik foto siluet. Ada beberapa cara untuk bisa menghasilkan foto siluet, antara lain:

Latihlah mata kita untuk bisa melihat scene. Lihat perbedaan terang dan gelap, dari sana kita bisa tentukan apakah bisa memotret sebuah siluet atau tidak. Memang, cara mudah mencari siluet adalah ketika sunrise atau sunset, posisi matahari yang rendah mempermudah terciptanya sebuah foto siluet. Tapi sebenarnya tidak harus dengan matahari, cukup dengan sumber cahaya yang terangpun sudah bisa  Ingat , asal rentangnya lebar dan datangnya arah cahaya dari belakang.

Teknik Fotografi

Foto Siluet

Lakukan eksperimen sebanyak banyaknya, karena dengan bereksperimen anda bisa mengatahui cara yang pas untuk melakukan foto siluet. Eksperimen juga berguna untuk mencoba berbagai macam posisi memotret. Tiap orang mempunyai ide dan imaginasi masing-masing dalam berkreasi pada fotografi. Jangan lupa untuk memilih persepektif, menampilkan unsur-unsur visual, dan prinsup umum seni serta the rule of third agar foto menajdi lebih menarik. Yang paling penting adalah matikan flash anda, karena bila tidak dimatikan bukan foto siluet namanya. Karena bila flash diarahkan ke objek maka objek akan terlihat jelas.

Untuk mendapat foto siluet anda harus menemukan background yang lebih terang. Usahakan juga untuk mendapatkan background yang menarik namun juga tidak ramai sehingga obyek utama terlihat sangat menonjol. Langit dan pantai adalah contoh favorit.

Anda juga dapat membuat foto siluet dengan efek lingkaran cahaya yang menarik disekitarnya. Jika menginginkan efek seperti ini objek harus berada langsugn didepan sumber cahaya dan cahayanya harus kuat serta ada jarak anatara sumber cahaya dan objek. Ini akan menciptakan sinar atau lingkaran cahaya yang selanjutnya akan menyempurkan objek foto. Dengan efek seperti ini akan memperngaruhi interpretasi pemirsa yang melihat foto anda.

foto: http://hoticecorner.com/wp-content/uploads/2012/07/foto-siluet-262×300.jpg

Panduan Fotografi untuk pemula daftar sekarang yuk, gratis lho www.lensafotografi.com/fotografipemula

Advertisement

Trackbacks/Pingbacks

  1. Fotografi Pemula : Konsep Fotografi untuk Pemula | lensafotografi.com - March 22, 2013

    [...] membuat siluet adalah menggunakan cahaya yang datang dari arah belakang. Anda bisa membaca tentang foto siluet disini. Arahkan model untuk melakukan pose yang menunjukkan bentuk badan dari dirinya (sebaiknya bagian [...]

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox

Join other followers