Tips Membuat Unsur Garis Diagonal

Garis diagonal atau Unsur-unsur visual yang mengarah diagonal dapat menciptakan kesan dinamis dan lebih menarik mata pada sebuah foto. Unsur garis diagonal bukan berarti foto anda isinya garis namun garis tersebut diasosiasikan menjadi berupa pagar, jalan, bangunan, atau orang. Setiap kali anda memotret, upayakan ada unsur garis diagonal dengan memilih view-angle yang tepat.

Dibanding garis horisontal dan vertikal, unsur garis diagonal bersifat lebih dinamis. Garis ini memberi nafas dalam komposisi fotografi sehingga kesannya lebih hidup. Saat anda mengeksploitasi elemen garis diagonal secara tepat dalam fotografi anda akan mendapatkan foto yang sangat menarik dan menyedot mata. Cara termudah untuk membuat unsur garis diagonal adalah memiring kamera  Anda. Cara ini tergantung anda  dilihat miring dari garis horizontal, vertikal dan ini dengan mudah dapat diciptakan oleh fotografer. Wayne Turner menemukan bahwa sedikit memiringkan kamera hingga menambahkan sedikit miring ke foto dan menciptakan unsur garis diagonal yang bagus

Teknik Fotografi

Bangunan yang diliat dari persepktif berbeda menghasilkan garis diagonal

Anda juga dapat mencoba menangkap gambar sederhana seperti mobil atau gedung pencakar langit dengan memiringkan kamera empat puluh lima derajat dan silahkan lihat hasilnya.

Apa yang terjadi dengan gambar?

Mobil itu tampak seolah-olah bergerak cepat sedangkan gedung pencakar langit tampaknya menjulang meraih langit. Hal ini dibuat dengan hanya memutar kamera Anda.

Anda juga bisa mencoba memilih perspektif untuk membuat unsur garis diagonal  yaitu dengan pegambilan gambar dari sudut yang tinggi (bird’s eye view), anda akan benar-benar akan menghasilkan gambar yang menakjubkan. Carilah garis, horisontal atau garis vertikal dan kemudian miringkan kamera lalu bereksperimen prinsip umum seni seperti keseimbangan, kontras dll. Komposisi antara unsur diagonal dengan prinsip umum seni akan menghasilkan foto yang menarik bagi pemirsa yang melihatnya.

Kemudian ada cara lain dalam membuat unsur garis diagonal, yaitu dengan pola zig zag. Pola berulang-ulang juga dapat digunakan untuk menyeret mata ke dalam gambar di atas area yang lebih luas dari frame. Pola-pola yang dinamis dan bila digunakan secara horizontal dan vertikal menjadi lebih dramatis.

Foto:

http://budiuzie.files.wordpress.com/2011/06/diagonal.jpg

Panduan Fotografi untuk pemula daftar sekarang yuk, gratis lho www.lensafotografi.com/fotografipemula

Advertisement

No comments.

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox

Join other followers